Monday 1 June 2009

“Wasiat” Lincoln Gegerkan Washington!

Washington secara tidak sengaja menerima memo mantan Presiden AS, Abraham Lincoln. (SuaraMedia News)

Washington secara tidak sengaja menerima memo mantan Presiden AS, Abraham Lincoln. (SuaraMedia News)

WASHINGTON (SuaraMedia) – Bahkan kadang-kadang seorang presiden ternama juga menempatkan pengacau di posisi menonjol, dan ada harga yang dibayar untuk itu. Sebuah memo dari Abraham Lincoln, yang disumbangkan ke National Archives oleh kolektor pribadi kemarin, mengingatkan hal ini.

Empat hari sebelum Lincoln pergi ke Gettysburg 1863 untuk menyampaikan suatu urusan, Lincoln menyempatkan untuk berurusan dengan masalah lain, sepele, jika dibandingkan dengan Perang Saudara. Menteri Keuangan telah menginvestigasi Robert Stevens, menantu teman terbaik Lincoln Senator Edward Baker (R-Oregon.), dan menuduh dia melakukan korupsi selama masa jabatan sebagai pengawas di San Francisco Mint. Stevens ingin melihat bukti-bukti yang melawan dia. Untuk memuluskan roda birokrasi, Lincoln menuliskan surat ke Sekretaris Salmon P. Chase.
Catatan tersebut pendek dan cepat – mungkin karena Lincoln tidak menyukai Chase, mungkin karena ia masih sakit hati atas tendangan atas janjinya kepada menantu temannya, atau mungkin karena ia harus menuliskan surat lain yang lebih penting:

Tn. Stevens, mantan pengawas San Francisco Mint, untuk meminta salinan, atau diizinkan untuk memeriksa, dan mengambil ekstraksi, atas bukti yang menyebabkan ia disingkirkan. Harap mengijinkan dia melakukan salah satu dari itu.

Hormat saya,

A. Lincoln

Memo tersebut dilihat sebagai gangguan yang mengejutkan kepada seorang presiden yang sedang terlibat dalam perang terbesar dan berdarah. Hal tersebut menggambarkan salah satu dari kekekalan hukum dan politik presiden, baik dulu maupun sekarang: Masalah pribadi dapat mengganggu kapan saja, tanpa mempertimbangkan dalamnya krisis nasional.alt

PH2009052803800Dan sekarang – pada peringatan dua abad tahun kelahiran Lincoln, empat bulan setelah Presiden Obama menyatakan untuk adanya transparansi dalam catatan presiden, catatan tersebut kembali lagi ke tangan publik. Ditulis diatas 5 kali 8 inch kertas Eksekutif Mansion, dengan tinta besi empedu tinta, surat yang telah hilang dalam waktu yang lama tersebut, mungkin selama satu abad, dari sebuah volume kumpulan korespondensi Departemen Keuangan di tahun 1891. Surat itu kembali kemarin atas jasa Lawrence Cutler, seorang pengacara dan kolektor dari Scottsdale, Arizona, yang membeli surat tersebut pada lelang tahun 2006.

Nasional Archieves, yang melihat pelelangan online untuk benda-benda yang mungkin termasuk dalam koleksi mereka, menghubungi Cutler membenarkan bahwa surat itu benar-benar hilang, disobek dari volume.

Apakah itu terjatuh saat dipindahkan? Apakah disobek oleh seorang Klerk 100 tahun lalu? Tidak ada seorangpun yang tahu. Bagaimanapun juga, surat itu telah kembali di mana ia seharusnya berada.

Kumpulan korespondensi ini, untuk sementara, lengkap. Cutler terbang ke Washington untuk secara resmi menyerahkan surat tersebut dalam sebuah konferensi berita kemarin pagi. Ia menolak untuk mengatakan berapa yang telah dibayar untuk surat tersebut pada tahun 2006, tetapi mengatakan bahwa dia melihat surat Lincoln yang serupa laku dijual seharga $ 78.000.

“Itu adalah koleksi saya yang paling mahal dan barang berharga,” kata Cutler. “Tentu saja melepaskannya adalah suatu dilema, tetapi mengetahuinya telah kembali ke masyarakat adalah suatu kehormatan yang lebih dibandingkan kepuasan diri.”

Archieves mengirimkan Cutler faksimili dari surat itu untuk menunjukan rasa terima kasih mereka, tapi faks itu terlihat tidak sebanding dengan sisa dari koleksi Cutler. Dia memiliki setidaknya satu dokumen yang ditandatangani oleh semua presiden Amerika Serikat – kecuali satu.

“Jika Pak Obama mendengarkan ini,” gurau Cutler pada konferensi berita tersebut, “Saya harap anda mengirim surat dengan tanda tangan Anda di dalamnya.” (iw/wp) dikutip oleh www.suaramedia.com




0 Malaikat: