Wednesday 3 June 2009

50 Hal Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Sumbawanews.com.- Hidup memang penuh misteri, kejadian aneh dan mengesankan bisa saja ada disekitar kita namun tidak kita sadari misalnya sapi dapat menghasilkan lebih banyak susu bila mereka mendengarkan musik.

Mau tahu lebih jauh, silakan telusuri 50 kejadian unik dan aneh lainnya.

1. ketika para astronot Apollo 12 mendarat di Bulan, dampaknya menghasilkan getaran selama 55 menit di permukaannya? Getaran ini tertangkap oleh peralatan laboratorium di Bumi dan menyebabkan para geolog menyimpulkan bahwa permukaan bulan terdiri dari lapisan-lapisan batu yang rapuh.

2. New York City di AS pernah mempunyai bioskop terbanyak di dunia, yaitu 986 buah.

3. kantor pendaftaran Writers Guild of America mencatat bahwa setiap tahunnya didaftarkan 20.000 naskah film di kantor itu dan dari jumlah itu, kurang dari 1 persen yang dipilih oleh studio film dan dijadikan film.

4. dalam satu tahun, ayam-ayam di Amerika Serikat menghasilkan cukup banyak telur untuk mengelilingi bumi sebanyak seratus kali.

5. pada tanggal 18 April 1934, J.F. Cantrell membuka binatu (tempat cuci pakaian umum) pertama di Fort Worth, Texas, dengan hanya empat buah mesin cuci.

6. gaji yang dibayar oleh pabrik mobil Ford jauh lebih tinggi daripada yang dibayar oleh pabrik mobil lainnya? Pada 1914, Ford menggaji pegawainya yang berusia 22 tahun ke atas $5 per hari – dua kali lipat gaji yang dibayar oleh pabrik lainnya.

7. asal nama kota Buffalo di negara bagian New York, AS sama sekali tidak ada hubungannya dengan kerbau atau hewan ternak lainnya, melainkan kesalahan orang Amerika melafalkan nama yang diberikan oleh penjelajah Perancis beau fleuve yang berarti sungai yang indah.

8. salah satu nama keluarga yang terpanjang di dunia adalah nama Mayor Tollemache-Tollemache de Orellana-Plantagenet-Tollemache-Tollemache (1858-1917), seorang tentara Britania.

9. vitamin K, T, H, dan U bermanfaat untuk menolong hati berfungsi dengan baik dan untuk mengobati anemia.

10. diperkirakan jutaan pohon di dunia ditanam secara kebetulan oleh tupai yang menguburkan biji-biji pohon dan kemudian lupa menggalinya kembali.

11. sapi dapat menghasilkan lebih banyak susu bila mereka mendengarkan musik.
12. titik di atas huruf i disebut tittle? Kata ini berasal dari bahasa Latin, yang artinya sesuatu yang sangat kecil.

13. di Eropa pernah ada kebiasaan bagi seorang calon ayah yang menantikan kelahiran anaknya untuk memakan keju? Ia mulai mengorek bagian tengah keju itu, sehingga terciptalah sebuah lubang yang besar. Belakangan, setelah bayinya lahir, diadakan upacara dengan meloloskannya melalui lubang keju tersebut.

14. dari manapun asal negaranya, semua penerbang dalam penerbangan internasional mengidentifikasikan dirinya dalam bahasa Inggris.

15. pada 1935, polisi di Atlantic City, New Jersey menangkap 42 orang lelaki di pantai karena mereka mengenakan pakaian renang tanpa penutup dada?

16. pada abad ke-11, para tentara Salib pertama kali memperkenalkan kismis di Eropa ketika mereka kembali dari Mediterania? Pada abad ke-14, kismis telah menjadi bagian penting dari masakan Eropa.

17. sesungguhnya dalam standar internasional 1 ons=28,35 gram.

18. orang Inggris, Perancis dan Jerman berusaha menanam anggur untuk dijadikan kismis, tetapi iklim negaranya terlalu dingin untuk mengeringkan buahnya.

19. maksimum kedalaman air untuk tempat mandi burung, menurut National Audubon Society, adalah sekitar 6 cm. Kurang dari itu akan menyulitkan burung untuk mandi, lebih dari itu membuat mereka takut.

20. kecuali jenis-jenis tertentu, burung pada umumnya tidak bernyanyi bila mereka berada di tanah? Mereka bernyanyi ketika terbang atau berdiri di sebuah benda di atas tanah.

21. pada masa pemerintahan Katharina Agung di Rusia, ada peraturan pada pesta-pesta bahwa laki-laki dilarang mabuk sebelum pk. 9 malam, sementara kaum perempuan dilarang mabuk sama sekali.

22. menurut jajak pendapat Perhimpunan Rumah Sakit Hewan Amerika Serikat, 33 persen pemilik anjing mengakui bahwa mereka berbicara lewat telepon dengan anjing mereka atau meninggalkan pesan pada mesin penjawab telepon bila mereka sedang tidak di tempat.

23. unta dapat membawa beban antara 227 kg-454 kg? Mereka dapat berjalan dengan kecepatan 3-5 km per jam, selama 6-7 jam per harinya.

24. unta akan menolak membawa beban yang tidak diletakkan secara seimbang.

25. para pegawai Ben & Jerry mendapat jatah 1,42 liter es krim gratis setiap harinya? Setiap tahun perusahaan ini mengadakan hari pembagian es krim gratis yang jumlahnya hingga 1 juta kerucut es krim.

26. setiap tahunnya sekitar 2 milyar ton pupuk kandang dihasilkan di AS? Perancis, Belanda dan Belgia digolongkan oleh Masyarakat Eropa sebagai wilayah kelebihan pupuk kandang karena mereka memproduksi lebih banyak daripada yang dapat diserap oleh tanahnya.

27. bangsa Eskimo mempunyai dua puluh kata untuk menyebut salju.

28. dalam budaya Swahili, hari baru dimulai pada saat terbitnya matahari, yaitu sekitar pk. 6 pagi.

29. unta Baktrian adalah satu-satunya mamalia darat di Bumi yang dapat minum air bergaram.

30. rubin dan safir terbuat dari korundum, yakni batu terkeras setelah intan.

31. di bumi Indonesia tumbuh sekitar 1500 spesies lumut, sementara di dunia terdapat 4000 spesies? Dengan demikian Indonesia memiliki sekitar 38% dari kekayaan lumut dunia.

32. rata-rata ikan kod menghasilkan sekitar 4 hingga 6 juta telur setiap kali bertelur.

33. ada ribuan jenis udang di dunia, namun kebanyakan sangat kecil ukurannya sehingga mereka menjadi makanan ikan paus? Di antara ribuan jenis udang itu hanya beberapa ratus jenis saja yang dimakan manusia.

34. George Washington jarang tidur lebih dari tiga atau empat jam berturut-turut dalam satu hari selama Perang Kemerdekaan Amerika Serikat.

35. tumbuhan lumut, karena mampu menyerap banyak karbon dioksida dan karbon monooksida, dapat berfungsi sebagai indikator pencemaran?

36. nautilus kuno dianggap sebagai hewan tak bertulang belakang yang paling cerdas? Para pakar menduga kecerdasannya setingkat dengan kecerdasan kucing muda.

37. master catur AS Albert Landrin ikut serta dalam Kejuaraan Catur Dunia Buta, dan bertarung dalam semua pertandingannya dengan mengandalkan daya ingatnya, tanpa menggunakan papan catur?’

38. sampai saat ini sudah lebih dari 2 juta jenis binatang umum yang terdaftar di dunia, dan separuh lebih adalah jenis serangga

39. beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi?

40. tebing-tebing putih di Dover adalah bentukan alamiah di pantai selatan Inggris yang tercipta oleh akumulasi sisa-sisa kerangka organisme kecil yang tersimpan selama berabad-abad? Berjuta-juta tahun yang lalu permukaan laut jauh lebih tinggi, dan setelah air menyurut, sisa-sisa binatang itupun terpaparkan.

41. taman lumut dengan jumlah koleksi terbesar di dunia terdapat di Kebun Raya Cibodas, Pacet, Cianjur? Taman ini memiliki sekitar 170 spesies lumut yang sebagian besar berasal dari Indonesia.

42. taman lumut di Kebun Raya Cibodas, Pacet, Cianjur, hari ini merayakan ulang tahun pertamanya? Taman ini memiliki sekitar 170 spesies, yang berarti terbanyak di dunia. Sebagian besar koleksinya berasal dari Indonesia.

43. meteran parkir pertama di dunia ditempatkan di Oklahoma City, Oklahoma, pada 1935?

44. guillotine aslinya dinamai louisette, seturut penciptanya, Antoine Louis, seorang ahli bedah Perancis? Namun belakangan namanya lebih dikenal sebagai guillotine, sesuai nama Joseph Ignace Guillotin, seorang dokter Perancis yang mengusulkan pembuatannya.

45. Flyer adalah pesawat pertama yang diterbangkan di Kitty Hawk oleh Wright Bersaudara pada 17 Desember 1903? Namun penerbangan perdananya hanya berlangsung 12 detik. Mereka mencoba menerbangkannya tiga kali lagi hari itu, dan penerbangan terakhir berlangsung 59 detik dan menempuh jarak 259,69 meter.

46. perubahan cuaca yang tercatat paling cepat adalah dari -20°C menjadi 7,2°C dalam waktu dua menit? Perubahan ini terjadi di Spearfish, South Dakota karena hembusan angin chinook pada 22 Januari 1943 antara pk. 7.30 dan 7.32 pagi. Pada pk. 9.00 temperatur naik lagi menjadi 12°C. Mendadak angin berhenti bertiup, dan cuaca turun kembali menjadi -20°C!

47. sebagian besar abjad di dunia berkembang dari abjad yang diciptakan sekitar 3.600 tahun yang lalu di Timur Tengah dan dikenal sebagai Alfabet Semit Utara.

48. pahlawan Britania, Laksamana Horatio Nelson meminta dikuburkan di Gereja St. Paul di London, dan bukan di Westminster Abbey, tempat para pahlawan nasional negara itu biasanya dimakamkan? Alasannya, ia mendengar bahwa gereja itu sedang tenggelam ke Sungai Thames.

49. Laut Merah diberi nama demikian karena ganggang yang sekali-sekali berkembang pesat di laut itu, mengubah air laut yang hijau kebiruan menjadi merah, ketika ganggang itu mati.

50. mata burung unta lebih besar daripada otaknya.




0 Malaikat: